10 cara untuk menjalin hubungan baik dengan klien.

 

canstockphoto10744141

 

“Klien kalian adalah bisnis kalian” – sehingga bagian penting dari sukses adalah membina hubungan yang sehat dengan mereka.
Daftar ini mungkin akan membantu ketika kalian mengembangkan dan mempertahankan hubungan yang akan memungkinkan bisnis kalian untuk berkembang.
Jika kita memiliki pekerjaan, kita pasti memiliki klien. Melestarikan hubungan baik dengan klien bisa jadi manfaat yang baik untuk referensi dan bisnis masa depan, serta ketika kita bekerja dengan klien menjadi lebih menyenangkan dan memuaskan. Berikut adalah beberapa saran yang mungkin dapat membantu kalian mengembangkan hubungan-hubungan bisnis yang penting.

# 1: Memiliki kontrak yang jelas dengan klien kalian

Memiliki kontrak yang jelas meningkatkan hubungan Anda secara otomatis. Semakin baik klien memahami peran Kalian, semakin baik mereka akan merasa tentang hubungan.

# 2: Kenali klien kalian lebih baik

Pelajari karakter klien kalian. Kalian mungkin akan menghabiskan berjam-jam dengan klien. Fakta bahwa mereka suka gourmet makanan Prancis, permen eksotis, atau sepak bola Oakland Raiders adalah informasi yang harus kalian ketahui. Pikirkan tentang bagaimana kalian ingin diperlakukan dan kemudian membalas.

# 3: Ajukan pertanyaan lebih

Ketika kita mengajukan pertanyaan, kita memahami situasi yang lebih baik. Membuat waktu untuk meminta klien kalian apa yang mereka rasakan dan bagaimana mereka berpikir, dan membiarkan mereka berbagi pengamatan mereka mengenai kemajuan proyek dan kinerja Anda.

# 4: Berani untuk mengatakan tidak

Dalam banyak kasus, klien meminta kita untuk melakukan hal-hal di luar kemampuan atau kepentingan kita. Ketika permintaan berada di luar perjanjian kontrak, jangan takut untuk mengatakan, “Kita tidak bisa memenuhi permintaan tersebut.” Jangan secara otomatis mengatakan ya hanya karena “Pelanggan selalu benar.”

# 5: Berani untuk mengatakan ya

Lebih sering kita mengatakan ya klien akan lebih merasa kita memang ahli dalam bidang ini. Tetapi yang mesti kalian ingat kalian hanya boleh bilang ya jika itu memang masih dalam kemampuan kalian.

# 6: Jadilah pemecah masalah

Klien mempekerjakan kita untuk membantu mereka memecahkan masalah. Semakin banyak masalah yang kita dapat bantu pecahkan, semakin baik. Ini hampir kebalikan dari nomor empat. Lebih baik lagi jika kita menawarkan diri untuk membantu memecahkan masalah. bahkan sebelum klien tau kalau sebenarnya ada masalah.

# 7: Jaga jarak

Menjaga jarak sangat diperlukan agar kita juga bisa lebih dihargai dan klien melihat kita secara profesional.

# 8: Tetaplah fokus

Tetap fokus dengan apa yang kalian janjikan dan kalian kerjakan. Jika semua yang kalian kerjakan sesuai dengan apa yang kalian janjikan bahkan bisa lebih klien akan merasa puas dan senang 🙂

# 9: Jadi sesorang yang mau belajar

Jangan meremehkan klien walaupun masalah yang di hadapi klien pernah kalian sering kalian alami.Pelajari masalah meraka dengan baik dan bawa mereka perlahan kedalam solusi yang kalian berikan.

# 10: Nyaman dalam bekerja

Mengakui bahwa hubungan klien merupakan bagian dari pekerjaan. Bekerja dengan nyaman akan membuat kalian lebih sukses dalam bekerja, menambah kesempatan kalian untuk pekerjaan di masa depan, dan membuat pekerjaan jauh lebih menyenangkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *