Belajar Menjadi Seorang Event Planner

Bekerja di event organizer kini menjadi impian banyak orang. Banyak yang bermimpi untuk terlibat dalam sebuah event besar. Sebuah kebanggaan jika event yang digagas dengan konsep yang luar biasa bisa diwujudkan.

Tentunya kesuksesan event tersebut diraih karena kerjasama tim dan kreativitas. Tapi dibalik itu semua ada sosok event planner yang menentukan konsep dan menakhodai event dari awal sampai akhir.

Menjadi seorang event planner adalah pekerjaan yang menantang. Kreativitas dan kecerdasan diasah untuk menciptakan konsep yang brilian dan disukai klien. Jika tercapai, kepuasaan akan diraih.

Jika anda tertarik menjadi seorang event planner. Kami berikan tipsnya untuk anda.

1.1     Seorang event planner selain harus kreatif, ia juga harus memiliki kemampuan berorganisasi dan berkomunikasi yang baik.

1.2     Kemampuan ini nantinya akan digunakan dalam bernegosiasi dan berhubungan baik dengan klien atau vendor.

1.3     Event planner juga harus memahami keinginan klien dalam mewujudkan event impiannya.

2.1  Tips mudah untuk menjadi seorang event planner yang handal tentunya harus banyak belajar mengenai bagaimana merancang sebuah event.

2.2  Jika anda ingin mengambil pendidikan formal, ada juga lho universitas di luar negeri yang menawarkan pendidikan tentang event planning.

2.3 Kalau dirasa cukup berat, anda bisa belajar sendiri dengan panduan dari buku seperti FabJob Guide to Become an Event Planner.

3.1 Cara mudah untuk menjadi event planner adalah terlibat di sebuah event kecil dulu. Anda juga bisa menawarkan diri menjadi volunteer dan terlibat di event-event besar.

3.2 Ingat, tujuan anda adalah belajar. Jadi perbanyak pengalaman agar kemampuan event planning bisa terasah.

4.1 Setelah terlibat di berbagai event sebagai volunteer atau crew, buatlah portofolio diri anda sendiri. Ini akan membantu anda ketika melamar pekerjaan di event organizer.

4.2 Buat portofolio menarik yang terdiri dari kumpulan foto, surat rekomendasi atau apapun yang menunjukan anda pernah terlibat dalam sebuah event.

5.1 Kunci utamanya jangan pernah berhenti belajar dan setiap apapun yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari anggaplah sebuah pelajaran. Buat cacatan, apa yang sudah anda kerjakan dengan baik dan apa yang gagal.

5.2 Selain itu, seringlah datang ke sebuah tradeshow dan pelajari bagaimana acara tersebut berlangsung. Catat dari A sampai Z.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *